Wednesday 21 October 2015

Sembilan Desainer Kebaya Indonesia

9 Desainer Indonesia dengan Koleksi Kebaya Pengantin yang Menginspirasi 2 
1. Anne Avantie
Bicara tentang kebaya, nama Anne Avantie tentunya sudah tak perlu diragukan dalam hal karya. Desainer yang akrab disapa bunda Anne itu terkenal dengan rancangan kebaya modern yang seksi namun tetap elegan, dengan menggunakan banyak panel transparan dan juga bordir. Di koleksi terbarunya yang ditampilkan di Indonesia Fashion Week lalu, Anne berkreasi dengan warna baru yang tidak umum dipakai untuk kebaya pengantin, yaitu hitam dan emas. Uniknya lagi, Anne juga menggabungkan unsur budaya Jawa dan Bali dalam satu tampilan kebaya.
9 Desainer Indonesia dengan Koleksi Kebaya Pengantin yang Menginspirasi 3 
2. Biyan
Desainer selanjutnya yang bisa jadi inspirasi adalah kebaya pengantin rancangan Biyan. Desainer senior ini dikenal dengan detail payet dan bordiran yang kompleks, termasuk untuk koleksi ready to wearnya. Kebaya pengantin Biyan juga dipakai di pernikahan Ibas dan Aliya Rajasa.

9 Desainer Indonesia dengan Koleksi Kebaya Pengantin yang Menginspirasi 4
3. Ferry Sunarto Desainer asal Bandung, Ferry Sunarto menjadi salah satu desainer yang terkenal dengan rancangan kebayanya. Karya kebayanya bahkan sudah dipamerkan di kancah internasional, tepatnya di Istana Bückeburg, Jerman. Kepada Wolipop belum lama ini, di butiknya yang berlokasi di
Kebayoran Baru, Ferry mengungkapkan ingin berkontribusi kepada negara tercinta lewat karyanya.

"Mencintai negara tak harus dengan perang atau apapun lainnya, tapi dengan hati. Kalau saya menunjukkannya dengan kebaya. Kebaya bukan hal yang bisa kotak-kotakkin, kita harus bikin sesuatu yang out of the box, yang bisa dipakai untuk semua orang. Siapa bilang kebaya pasangannya kain batik? Kita bisa bikin dress atau apapun yang bikin kebaya bisa dipakai semua orang," ujar Ferry Sunarto.

9 Desainer Indonesia dengan Koleksi Kebaya Pengantin yang Menginspirasi 5
4. Ramli Desainer senior Ramli, sepanjang karirnya dikenal tak pernah melupakan budaya Indonesia dalam setiap karyanya. Seperti pada peragaan besar terakhirnya yang dipamerkan pada November 2012 bertajuk 37 Tahun Ramli Berkarya. Dalam fashion show tersebut, Ramli menampilkan lebih dari 100 set karya terbarunya yang banyak menggunakan kain dari berbagai daerah di Indonesia. Meski kini ia telah berpulang kepada sang pencipta di awal 2013 lalu, namun karya kebayanya yang khas dan penuh detail akan selalu dikenang.
9 Desainer Indonesia dengan Koleksi Kebaya Pengantin yang Menginspirasi 6
5. Raden Sirait Dalam beberapa koleksinya, Raden Sirait berkreasi membuat kebaya tidak terlihat konvensional dengan menggabungkannya bersama material selain batik. Di antaranya adalah bahan satin, velvet bahkan celana legging.

9 Desainer Indonesia dengan Koleksi Kebaya Pengantin yang Menginspirasi 7
6. Adjie Notonegoro Sebagai seorang desainer senior, Adjie Notonegoro banyak bermain dengan kreasi kebayanya. Beberapa yang tidak biasa adalah membuat kebaya dengan bahan menerawang yang memamerkan banyak kulit. Kebaya pengantin tadi tertutup bordiran bunga tempel yang menutupi beberapa bagian intim.
9 Desainer Indonesia dengan Koleksi Kebaya Pengantin yang Menginspirasi 8
7. Ivan Gunawan Tak hanya dikenal dengan rancangan gaun malamnya yang glamour, Ivan Gunawan juga jadi desainer pilihan dalam membuat gaun pengantin. Beberapa selebriti tanah air yang mengenakan rancangan baju pengantin model kebaya Ivan Gunawan adalah Ayu Ting Ting, Ussy Sulistyowati, dan masih banyak lagi.

9 Desainer Indonesia dengan Koleksi Kebaya Pengantin yang Menginspirasi 9
8. Marga Alam Satu lagi desainer yang dikenal dengan karya kebaya mewah dan modern, yaitu Marga Alam. Dalam setiap karyanya, Marga kerap menggabungkan sentuhan tradisional yang dikemas secara modern lewat tempelan bordir dan juga payet.
9 Desainer Indonesia dengan Koleksi Kebaya Pengantin yang Menginspirasi 10
9. Eddy Betty Selain dikenal dengan gaun-gaun adibusana yang inovatif, Eddy Betty juga dikenal sebagai pencipta kebaya yang anggun. Beberapa kebaya dibuat lebih modern oleh Eddy, misalnya dengan tambahan cape, bulu-bulu ataupun tambahan celana. Nama Eddy Betty juga dikenal dengan inovasi dalam menciptakan bustier yang dirangkai menyatu dengan kebaya yang membuat tampilan tradisional jadi lebih modern dan glamour.

No comments:

Post a Comment